Rabu, 30 September 2015

KOTEN WALANG, CALON PAROKI BARU

Gereja Koten

Lokasi terjauh ujung Timur Pulau Flores adalah wilayah 2 paroki Waiklibang akan dimekarkan menjadi paroki baru. Calon paroki baru ini meliputi stasi Koten, Lewokoli, Kolotobo, Basira dan Tone. Kelompok masyarakat dalam wilayah ini sulit dijangkau dari pusat paroki induk, Waiklibang untuk pelayanan pastoral. Transportasi jalan darat sangat tidak memadai maka alternative jalan lain adalah melalui jalur laut.  Oleh karena itu, gereja Lokal Keuskupan Larantuka mempercayakan Kongregasi Pasionis untuk memulai persiapan agar segera diresmikan menjadi paroki baru di kepala burung pulau Flores.
Sebuah wilayah yang  kelompok masyarakatnya sangat lugu dan belum terkontaminasi dengan pengaruh dunia teknologi komunikasi. Mereka sangat merindukan berdirinya paroki baru di wilayah mereka. Saat ini, mereka masih menginduk di paroki Waiklibang yang dapat ditempuh dalam waktu 4-5 jam dengan berjalan kaki. Ini adalah sebuah salib yang harus dipikul beratahun-tahun jika berurusan ke paroki Induk Waiklibang.
Kerinduan ini akhirnya terobati karena Stasi Koten akan menjadi calon pusat paroki di wilayah ini. Kita berdoa agar persiapan ini mencapai final sampai diresmikannya paroki baru ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar