Rabu, 30 September 2015

INFRASTRUKTUR JALAN MENUJU KOTEN BELUM SEMPURNA


Jalan Menuju Koten

Daerah Koten-Walang meliputi kampong Lewokoli, Koten, Kolotobo, Basira dan Tone merupakan daerah terpencil di Kabupaten Flores  Timur. Infrastruktur jalan menuju daerah ini belum sempurna. Ruas jalan hanya digusur tanpa diberi pengerasan akan rusak berat pada saat musim hujan. Masyarakat tidak akan keluar menuju Larantuka untuk menjual hasil kebun sekaligus belanja sembako harian. Alternatif lain adalah jalur laut dengan gelombang yang sangat besar. Itupun hanya menghandalkan dua perahu motor kecil yang hanya membawa 7-8 ton barang.
Hendaknya sudut pandang pembangunan infrastruktur diarahkan pada daerah ini. Masyarakat tidak mengenal PLN, Signal dan jalan aspal. Di tengah arus globalisasi teknologi ini, orang berlomba-lomba untuk menikmati kemajuan zaman sementara masyarakat Koten Walang masih hidup dalam buta teknologi.
Infrastruktur jalan merupakan kunci utama agar masyarakat keluar dari keterasingan untuk menikmati dunia luar. Kita tidak memandang keterasingan masyarakat di sana dengan sebelah mata. Mereka memiliki keindahan alam dan hasil daerah yang tidak diragukan. Tuhan itu baik pada semua orang dan memberi rahmatNya tanpa mendengar apa kata orang.
Pemerintah daerah Flores Timur seharusnya melihat daerah Koten Walang, tanah Patisira Tuan Groda Wuring tidak sebagai beban pembangunan melainkan meliriknya sebagai Berkat yang dapat menunjang pembangunan daerah. Semogaaaa……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar